Analisis Permainan Secret.Yapzor Pada Hero Signaturenya, Rubick

Halo semua 

Banyak yang masuk melalui email tentang analisis player yang satu ini. Seorang player yang berbakat dan sekarang berada di Team Secret dan berposisi sebagai support. Yap.. Secret.Yapzor 

Sumber : google.com

Secret.Yapzor adalah salah satu player yang sangat berbakat dari sekian banyak support yang ada. Signature Heronya yaitu Rubick menjadi andalan dan cocok disandingkan dengan Secret.Puppey yang playstylenya lebih defensive. Rubick memang tergolong support yang bisa menjadi aggressive support ataupun greedy support. Karena playstylenya yang saling menutupi kekurangan satu sama lain, mengantarkan Team Secret menjadi team tier 1 yang cukup ditakuti dan diperhitungkan. 

Sejak Yapzor masuk kedalam Team Secret, sangat terasa perbedaannya dilihat dari diraihnya berbagai posisi turnamen di berbagai event. Dengan carrynya Secret.Ace yang disebut-sebut sebagai investasi terbaik sepanjang bursa transfer Dota 2, Team Secret semakin ditakuti. 

Dari beberapa replay yang saya lihat, ada banyak poin-poin yang bisa diambil dari playstylenya menggunakan Rubick. 

1. Spell 

Sumber : google.com

Rubick adalah hero yang cukup sulit untuk digunakan. Tetapi dengan penggunaan yang tepat membuat Rubick menjadi salah satu hero yang menyeramkan. Keberadaan dari Rubick dengan Telekinesis bisa membuka banyak sekali kombo dan follow up damage setelahnya. Sebisa mungkin, Yapzor memposisikan heronya sedekat mungkin dengan hero lawan dan diam di fog menunggu kesempatan yang tepat untuk telekinesis dan trade hit. 

Fadebolt digunakan ketika trade hit akan berlangsung. Reduce damage dari Fadebolt selalu digunakan lebih awal ketika Yapzor sadar trade hit akan berlangsung (bukan digunakan untuk last hit hero dan meraih kill :D). Hal ini harus ia lakukan karena Rubick memiliki base armor yang sangat rendah dan bukan hero yang cocok untuk trade hit. Beruntung Rubick memiliki Fadebolt yang membuat Rubick ‘balance’ dari sisi spell maupun trade hit. 

Spell Steal juga menjadi skill yang wajib diambil ketika Rubick mencapai level 6. Karena dengan skill ini, sebuah inisiasi dapat dicounter dengan mudah. 

2. Presence 

Sumber : google.com

Presence dari Rubick dengan Null Field sangat cocok untuk situasi defensive maupun aggressive. Rework skill dari Null Field dapat di switch untuk increase magic damage. Dengan begitu, ketika dirasa team sedang aggressive, maka Yapzor memposisikan Null Field pada aggressive state. Ketika team sudah kewalahan atau kalah dalam war, maka Yapzor akan mengganti Null Field menjadi defensive state. 

Selain Null Field, Spell Steal juga membuat lawan untuk berfikir 2 kali. Yapzor selalu sabar dalam menggunakan Spell Steal. Skill yang diambil hanya skill yang bisa dipakai untuk counter inisiasi dan memutar balikkan keadaan. 

Rubick adalah tergolong hero aggressive – greedy support. Sebisa mungkin Yapzor memberikan impact sebesar mungkin ke setiap clash/pickoff yang ada. Karena hanya dengan seperti itu, Yapzor bisa mendapatkan gold dan progress item menjadi lebih cepat. Tetapi dengan Rubick yang lemah terhadap damage, Yapzor sebisa mungkin bermain safe dengan memanfaatkan Fog dan item survive. 

3. TP Scroll 

Sumber : google.com

Hal yang sering dilupakan dari seorang support player adalah membeli TP Scroll. Rubick adalah hero yang sangat baik digunakan untuk counter inisiasi menggunakan TP Scroll. Cukup dengan teleport ke tempat hero teman membutuhkan, lalu Telekinesis pada saat yang tepat. Dengan begitu keadaan dapat berbalik 

Yapzor sebagai pemain profesional tidak lupa untuk membeli TP Scroll. Tetapi hal yang perlu diperhatikan adalah dia tidak menggunakan TP Scrollnya langsung, melainkan menyimpannya untuk situasi yang lebih penting seperti berpindah dari satu lane ke lane lain. 

Bayangkan ketika kalian sebagai support pergi ke bottom lane menggunakan TP Scroll, pada saat yang bersamaan, lane lain membutuhkan bantuan. Kalian sebagai support tidak bisa pergi ke lane tersebut dalam waktu setidaknya 75 s. Dan kalian masih bilang bahwa kalian tidak memiliki TP Scroll? Kalian bukan tidak memiliki TP Scroll melainkan menggunakan TP Scroll untuk hal yang tidak penting. 

4. Progress Item 

Sumber : pribadi

Progress Item menjadi hal yang penting bagi Rubick mengingat dia adalah support aggressive – greedy. Tanpa progress item yang baik, maka Rubick tidak akan bisa melakukan kombo-spellsteal dengan signifikan. 

Rubick yang dimainkan Yapzor selalu mengutamakan Arcane Boots bila dalam waktu 5 menit dia sudah bisa menabung sekitar 500-600 gold. Dengan satu kill/assist maka Arcane Boots bisa dibeli. Bila pada menit yang sama dia tidak memiliki gold yang cukup, maka build item mengarah ke Magic Stick dan Smoke of Deceit untuk gank secepatnya. 

Build selanjutnya adalah Eul/Blink. Eul adalah build ketika kalian bermain dengan hero yang memiliki escape yang baik atau ketika kalian bermain defensive. Blink adalah build ketika kalian bermain lebih aggressive atau ketika ingin mengincar backline terlebih dahulu. Kedua item tersebut baik untuk Rubick dengan playstyle apapun. 

Setelah itu, Yapzor akan build item sesuai kebutuhan team. Yang paling utama adalah Eul/Blink sudah didapat sesulit apapun gamenya. 

Untuk mendongkrak ekonomi dari Rubick dari Yapzor, dia melakukan stack dan meminta carry nya untuk menghabiskan creep tersebut secepat mungkin. Yapzor tidak pergi meninggalkan camp tersebut karena dia membutuhkan exp dari stack tersebut. Ketika dia sudah memiliki level yang cukup untuk menghabiskan camp sendirian, dia melakukannya sesekali agar dia bisa stack lagi untuk carrynya. 

5. Spell Steal Timing 

Sumber : google.com

Yapzor adalah tipikal Rubick yang aggressive dengan Spell Steal. Tetapi Yapzor tidak membuang spell semaunya. Yapzor hanya akan menggunakan skill yang sudah diambil ketika cooldown Spell Steal sudah off. 

Dengan begitu, ketika skill yang sudah diambil dikeluarkan, dia dengan segera bisa mengambil skill dari hero lain. Dengan begitu skill yang digunakan bisa beragam dan damage/effect yang dihasilkan bisa lebih beragam dan Rubick menjadi lebih berguna saat war. 

Itulah beberapa poin yang bisa diambil dari playstyle Rubick seorang Secret.Yapzor. Ditangan player yang ahli, Rubick bisa menjadi hero yang berguna baik saat laningphase maupun lategame. Dan jangan lupa, Enhance Your Play By Research :D
Analisis Permainan Secret.Yapzor Pada Hero Signaturenya, Rubick Analisis Permainan Secret.Yapzor Pada Hero Signaturenya, Rubick Reviewed by Unknown on April 24, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.