Bahas Meta : Alliance, The Creator Of Rat Dota

Halo Semua

Dota adalah permainan yang tidak hanya bergantung pada kemampuan 1 orang pemain. Dota memaksa semua pemain berfikir untuk menang. Dengan cara yang dimiliki oleh masing-masing team, dan sebisa mungkin penetrasi secepatnya.

Dota membuat 5 pemain dari sebuah team mengetahui apa yang dilakukan. Ketika 1 orang tidak bisa bersinergi dengan 4 pemain lain, maka hampir dipastikan strateginya gagal. Meskipun team tersebut memenangkan pertandingan karena kebetulan draft yang dimiliki lebih baik dari team lawan, tetapi tetap saja hal itu tidak akan berjalan selamanya ketika lawan tahu dimana letak lubang dari strategi team lawan.

Kembali pada tahun dimana dilaksanakannya The International 3, tahun dimana Alliance secara mengejutkan menjadi juara pertama dan merebut Aegis of Champion mengalahkan Dendi dan kawan-kawan di team Navi. Strategi dari Alliance pada saat itu dikenal dengan sebutan Rat Dota. Strategi yang hingga saat ini masih dipakai oleh siapapun.

Sumber : Redbull.com

Rat Dota tidak tercipta begitu saja. Paling tidak menurut saya Alliance harus bootcamp berminggu-minggu bahkan bulan untuk mencapai kesempurnaan dalam menjalankan strategi tersebut. Rat Dota tidak hanya memerlukan hero yang bisa push early-mid-lategame saja, melainkan dari segi playernya harus bermental yang kuat karena bisa saja sepanjang permainan kita tidak ada kesempatan untuk kill kearah lawan.

Alliance membuat Dota menjadi berbeda sejak saat itu. Boleh dibilang strategi yang sebenarnya merupakan esensi dari bermain Dota itu sendiri. Dota adalah singkatan dari Defense Of The Ancient. Berarti objective dari permainan adalah mempertahankan Ancient kita dan secepat mungkin menghancurkan Ancient lawan.

Memang harus diakui, terkadang sebagai player kita seolah dibutakan oleh jumlah kill dan dominasi terhadap player yang bermain kurang baik. Semacam memiliki kebanggaan ketika kita dapat membunuh lawan padahal disisi lain tower kita dipush oleh lawan. Lalu ketika lawan berbalik menyerang dan membunuh kalian, tidak pikir panjang kalian rage buyback yang sebenarnya tidak perlu untuk dilakukan. Sebuah mental yang kurang baik dalam permainan.

Dari yang saya analisis dari Alliane pada saat TI 3, saya mendapatkan beberapa poin utama.

1. Apapun yang terjadi, push

Sumber : google.com

Meskipun team kalian dipickoff, sebisa mungkin space tetap dibuat oleh player yang masih hidup. Karena konsep utama dari strategi Rat Dota adalah push apapun yang terjadi. Untuk saat ini, boleh dibilang lawan akan bermain dengan cepat menggunakan hero yang bisa fight early. Tetapi kenyataannya pada saat TI 3, Navi pick hero yang bisa fight early cukup baik seperti Vengeful Spirit dan Venomancer. Visage juga menjadi pilihan untuk fight early dengan Familiar. Batrider pun dipick karena cukup untuk memberikan elemen kejutan. Sedangkan Bounty Hunter diharapkan bisa memberikan Track Gold yang cukup untuk menutupi farm yang tidak dilakukan oleh Navi

Tetapi draft dari Navi tersebut menghilangkan satu elemen penting untuk bertahan dari Rat Doto, yaitu AoE burst damage. Tidak ada hero yang dapat memberikan burst damage secara AoE dari draft Navi tersebut. Tidak heran bila Navi kalah dalam waktu kurang dari 16 menit.

Sedangkan draft dari Alliance pick Nature Prophet. Global presence yang baik dari AdmiralBulldog membuat Nature Prophet menjadi sangat efektif pada saat push maupun war. Ditambah Enchantress dan Io membuat hero lain menjadi lebih sustain dari DPS yang dimiliki Navi.

2. Heal untuk sustain push
Sumber : google.com

Fakta mengejutkan dari Grandfinal TI 3 adalah team yang pick Io selalu menang, baik Navi maupun Alliance. Hal ini membuktikan bahwa heal adalah elemen yang tidak bisa dilupakan begitu saja dalam drafting.

Saya juga membahas meta mengenai healing abuse milik team liquid, boleh dibaca disini.

Ketika kalian bermain strategi push, hal yang penting yang harus kalian masukkan kedalam draft adalah heal. Sebab, heal akan memberikan kalian tambahan HP dan kepercayaan diri selama war berlangsung. Pada saat kalian memenangkan war, lalu HP kalian tidak cukup untuk push, maka heal bisa menjadi andalan. Secara tidak langsung kemenangan war akan dapat dikonversikan menjadi objective. Dan voila! kalian sudah melakukan sustain push.

3. Nature Prophet

Sumber : google.com

Nature Prophet adalah hero yang memiliki kapasitas push yang sangat baik. NP menjadi andalan dari Alliance untuk Rat Dota. NP adalah hero yang memiliki global presence yang sangat baik dan dapat push lane dengan membawa creep tambahan dari Treant yang dimilikinya.

Meskipun faktanya bahwa NP dari AdmiralBulldog tidak selalu berjalan baik (game 2 NP dipick Alliance dan kalah), Tetapi NP tetap memberikan pressure ketika lawan sedang push tetapi NP menghilang dari map. Karena mereka harus khawatir tower mereka ditakedown ketika mereka sedang melakukan push. Apalagi ketika harus dipaksa untuk trade tower. Bukan opsi yang baik.

4. Roshan

Sumber : google.com

Roshan menjadi elemen yang penting dalam kesuksesan Alliance. Mereka sebisa mungkin takedown roshan sebelum mereka naik ke highground. Mereka sadar dengan adanya Aegis of Immortal, mereka menjadi lebih percaya diri dan lawan harus berfikir dua kali bagaimana shutdown hero yang hidup lagi untuk kedua kalinya sedangkan penggunaan skill sudah maksimal.

Usaha dari Alliance membuahkan hasil. Aegis of Champion mereka dapatkan, Juara TI 3, dan sederet hadiah lainnya. Sayangnya, Alliance saat ini seolah kehilangan tajinya. Entah karena belum menemukan chemistry atau semangat. Semoga Alliance bisa kembali lagi ke competitive scene Dota 2 seperti dulu lagi :D

Dan jangan lupa, Enhance Your Play By Research :)
Bahas Meta : Alliance, The Creator Of Rat Dota Bahas Meta : Alliance, The Creator Of Rat Dota Reviewed by Unknown on April 23, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.