4 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Oleh Support

Halo semua 


Sebagai Support player (termasuk saya) kadang kesal hanya karena teammate throw game bahkan sejak draftphase. Seolah mereka adalah Carry player yang paling hebat di dunia. Padahal, dalam bermain Dota 2, objektif jauh lebih penting ketimbang kill. 

Sumber : google.com

Meskipun demikian, kita sebagai Support player tidak bisa serta merta menyalahkan Carry apabila team kita kalah. Mungkin saja hal-hal yang membuat kalah ada pada diri kalian sebagai Support. Berikut adalah 4 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Oleh Support

1. Warding Obviously 

Sumber : pribadi

Apa itu Warding Obviously? Warding Obviously adalah sebutan untuk Support player yang Warding tanpa memperhatikan sekitar. Seperti mereka fikir hanya mereka saja yang bisa Warding sedangkan team lawan tidak bisa Warding. 

Ketika seorang Support membeli Ward, itu bagus. Tetapi pemasangan Ward pun tidak bisa diremehkan. Kebanyakan dari Support player (2K – 4K) masih memasang Observer Ward terlebih dahulu ketimbang Sentry Ward. Bila lawan sudah memasang Obs terlebih dahulu di highground, tentu kalian yang berjalan tanpa dosa hanya untuk memasang Ward terlihat sangat jelas. 

Ada baiknya (atau lebih kearah dibiasakan) untuk membeli Obs dan Sentry dengan perbandingan 1:2. Untuk 1 buah Obs belilah 2 Senrty untuk keamanan kalian sendiri selama pemasangan Ward. Dan pasanglah Sentry terlebih dahulu sebelum Obs kalian. Pemasangan Sentry tidak perlu keduanya, bila sudah bisa deWard dengan hanya 1 Sentry kita tidak perlu memasang sisanya. Cukup simpan untuk Warding berikutnya. 

Pemasangan Sentry pun jangan pernah sama persis dengan Obs. Bila kalian memasang pada spot yang sama, lawan akan dengan mudah deWard hanya dengan 1 buah Sentry. Membuat Warding menjadi tidak efektif. 

Selain itu, biasakan smoke terlebih dahulu sebelum Warding. Hal ini bertujuan agar meskipun lawan sudah memasang Obs lebih dulu, kita masih tetap tidak terdeteksi oleh lawan. 

2. Positioning Ward 

Sumber : pribadi

Pada dasarnya, pemasangan Ward bertujuan untuk melihat posisi lawan. Maka dari itu, pemasangan Obs efektifnya dapat melihat pergerakan lawan agar kita bisa memposisikan diri dengan baik. Warding digunakan untuk membuka vision pada map yang tidak terjangkau oleh vision kita. Tetapi dimana sebaiknya pemasangan Ward yang efektif? 

Pemasangan Ward yang efektif akan berbanding lurus dengan space yang sudah dibuat. Biasanya Ward akan dipasang sejajar dengan tower pada masing-masing tier. Semakin banyak tower lawan yang ditakedown, maka positioning Ward dari team kita pun akan semakin mengarah ke base lawan. Sebaliknya, ketika tower kita lebih banyak yang ditakedown, maka positioning Ward lawan akan semakin mengarah ke base kita. 

3. Equilibrium Creep 

Sumber : pribadi

Equilibrium Creep pada dasarnya bukan hanya tugas dari Support, melainkan tugas siapapun yang berada pada lane tersebut. Tetapi membiarkan equilibrium creep tidak terjaga pun bukan sebuah hal yang bijak. 

Carry kalian butuh farm seefektif dan seaman mungkin. Paling aman apabila dekat dengan tower. Ketika creep maju hingga tower lawan, bagaimana Carry bisa farm dengan tenang? 

Pull creep bisa menjadi solusi. Pull creep kearah small camp dan pull lagi ke large camp agar tidak ada range creep yang menumpuk. Sehingga equilibrium bisa kembali seperti semula. Perhatikan posisi offlaner lawan ketika melakukan pull. Jangan sampai Exp terbagi sia-sia. 

4. Timing Roam 

Sumber : pribadi

Untuk Roam, tidak semua Support bisa melakukan roam dengan efektif. Hero-hero semacam Dazzle dan Lich tidak akan begitu efektif ketika dimainkan sebagai roamer. Movement Speed yang rendah masih menjadi pekerjaan yang perlu diselesaikan sebelum melakukan roam. 

Hero seperti Lion, Tusk, dan Earth Spirit bisa menjadi pilihan paling baik untuk diposisikan sebagai roamer. Mereka memiliki skill disable yang cukup untuk melumpuhkan lawan. 

Tetapi, sebaik-baiknya hero roamer yang dimiliki, akan tetap tidak efektif apabila tidak dikomunikasikan dengan baik. Komunikasi menjadi kunci penting ketika ingin melakukan gank. 

Bila tidak bisa melakukan gank karena beberapa masalah ingame, alangkah baiknya waktu roamnya dialihkan ke stack jungle atau ambil rune. Agar lebih efektif. 

Itulah 4 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Oleh Support. Semoga kalian tidak buru-buru menyalahkan Carry karena outfarm. Refleksi diri terlebih dahulu apakah kita sudah bermain dengan baik. Dan jangan lupa, Enhance Your Play By Research :D 


4 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Oleh Support 4 Kesalahan Umum Yang Dilakukan Oleh Support Reviewed by Unknown on Mei 09, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.