Mekanik Baru Dalam Dota 2 : Status Resistance

Dota 2 selalu menyajikan permainan yang dinamis dan berubah setiap patch nya. Mungkin hero A pada patch ini cocok dengan item B. Namun tidak menutup kemungkinan untuk patch selanjutnya hero A lebih cocok dengan item C. Tidak ada yang pasti dalam setiap patch Dota 2, mungkin hanya Icefrog yang tahu.

Sumber : Google

Begitu juga dengan mekanik Dota 2 yang semakin kesini semakin kompleks. Setelah berubahnya sistem ekonomi dalam Dota 2, Icefrog menambahkan mekanik baru untuk patch 7.07. Mekanik baru yang ditambahkan oleh Icefrog adalah Status Resistance. Sebenarnya, apa sih Status Resistance itu?

Singkatnya seperti ini, Status Resistance akan mengurangi durasi debuff yang diterima oleh hero, dari slow, hingga stun. Ya, STUN. Stun durasinya berkurang? sepertinya menarik....

Status Resistance dibuat agar para player, terutama yang sering bermain sebagai Offlane, lebih menambah kewaspadaannya terhadap inisiasi musuh. Sehingga, dengan hero apapun, lebih siap dengan counter inisiasinya.

Secara normal, tidak ada yang memiliki Status Resistance dasar (sebelum patch 7.13b hero STR bisa mendapatkan Status Resistance sebesar 0.15% setiap poin STR, patch 7.13b hal itu dihapus). Status Resistance hanya didapat dari skill dan item.

Sejauh ini, sumber utama dari Status Resistance hanya berasal dari item Aeon Disk (25%). Sedangkan hero yang memiliki passive Status Resistance hanya Tiny dengan Grow! nya. (20%/30%/40%).  Selain itu, Spell Block Roshan juga memiliki 25% Status Resistance.

Bila kita lirik formulanya adalah sebagai berikut :

Total status resistance = 1 − ((1 − bonus resistance pertama) × (1 − bonus resistance kedua))

Contoh : 

Tiny level 25 dengan item Aeon Disk akan menghasilkan Status Resistance sebesar :

Total status resistance = 1 − ((1 − 0.4) × (1 − 0.25))
Total status resistance = 55%

bila Tiny distun selama 1 detik, maka stun yang masuk ke Tiny sebesar :

Durasi = 1 x 55% = 0.45 s

hasilnya, tidak lebih dari setengah detik. Bayangkan betapa kuatnya Tiny di patch sekarang :))

Tetapi Status Resistance bukan berarti tidak memiliki kekurangan. Status Resistance hanya mengurangi DURASI dari debuff, tetapi jumlah DAMAGE yang masuk akan tetap sama.

Contoh :

dengan total status resistance 55%, Tiny hanya akan menerima Doom lv 3 selama 16 x 55% = 8.8 detik 

Tetapi total damage yang masuk akan tetap sama, bila asalnya 55 dps, akan berubah menjadi :

total damage = 16 x 55 dps = 880 dps
dps setelah dikurangi = 880 / 8.8 = 100 dps

cukup signifikan, bila kalian tidak antisipasi dps nya, bisa saja kalian tetap terbunuh meskipun durasi doomnya sebentar karena dps nya besar.

Itulah beberapa penjelasan penting mengenai Status Resistance. Biar main kalian lebih teliti dan growing :)
Mekanik Baru Dalam Dota 2 : Status Resistance Mekanik Baru Dalam Dota 2 : Status Resistance Reviewed by Unknown on April 14, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.