Maksimalisasi Mana Regeneration, Amplification Atau Flat?

Kamu sering kehabisan Mana ketika sedikit lagi membunuh hero musuh? Atau kamu seorang Carry yang terlihat kewalahan ketika Offlaner musuh tampak tidak pernah kehabisan Mana? Mungkin kamu belum mengetahui bagaimana mekanik dari Mana Regeneration yang sebenarnya.

Sumber : Google

Hero akan selalu memiliki skill untuk dikeluarkan. Skill yang dikeluarkan pada umumnya membutuhkan Mana. Ketika Mana kamu tidak mencukupi maka kamu otomatis tidak bisa mengeluarkan skill tersebut.

Mana bukanlah sesuatu yang tidak bisa diakali. Berterimakasihlah kepada Icefrog karena dia sudah membuat mekanik dari Mana bertambah setiap detik yang disebut dengan Mana Regeneration. Mana Regeneration menjelaskan seberapa banyak Mana yang kembali pulih setiap detik. Setiap hero kamu mendapatkan Intelligent, maka setiap 1 poin Int, Mana Regeneration hero kamu akan teramplified sebesar 2% (Int x 0.02).

Mana Regeneration untuk setiap hero memiliki rumus sebagai berikut :

MR = (0.9 + Flat Mana Regen) x (1 + (Int x 0.02))

Contoh adalah Alchemist memiliki 25 Int pada level 1, maka Mana Regeneration nya adalah :

MR = (0.9 + 0) x (1+(25 x 0.02))
MR = 0.9 x 1.5
MR = 1.35

Ketika Alchemist level 10 dia memiliki 43 Int dan dia membeli Linken's Sphere yang memberikan Flat Mana Regen sebesar 2.25 dan Int sebesar 15, maka Mana Regeneration nya adalah :

MR = (0.9 + 2.25) x (1+(58 x 0.02))
MR = 3.15 x 2.16
MR = 6.804

Perlu diperhatikan bahwa menambah Intelligent juga berpengaruh terhadap Mana Regeneration. Itulah yang disebut dengan Mana Amplification. untuk 100 poin Int, maka Mana Regeneration akan bertambah sebesar 2 poin.

Jadi, mana yang lebih baik? Mana Amplification atau Flat Mana Regen?

Bila dilihat lagi rumusnya, maka Flat Mana Regen lebih berpengaruh daripada Mana Amplification. Tetapi, untuk beberapa kasus, kadang Mana Amplification lebih berpengaruh daripada Flat Mana Regen. Terlebih lagi kalau kamu menggunakan hero bertipe Intelligent yang pertambahan Int per level nya sangat besar. Atau kamu menggunakan Silencer dan memiliki Steal Int sebesar 200 poin. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada grafik dibawah


Grafik diatas menunjukan bagaimana Flat Mana Regen berpengaruh terhadap Mana Regeneration. Meskipun hanya 1 Flat Mana Regen, tapi bisa membuat Mana Pool penuh dalam waktu 42 detik (grafik merah). Sedangkan untuk 0 Flat Mana Regen, dibutuhkan waktu lebih lama yaitu 83 detik (grafik biru) dengan Mana Pool yang sama (200 Int = 2400 Mana).

Contoh diatas diambil dari hero Alchemist, sedangkan masih banyak lagi hero dan item yang menggunakan Mana Amplification seperti Ghost Shroud Necrophos + 75% Mana Amplification, ataupun Silencer dengan Steal Intelligent nya. Mari kita bahas sedikit.

Necrophos memiliki skill Ghost Shroud yang menambah 75% Mana Amplification (setara dengan menambah Int sebesar 32.5 poin tanpa menambah Mana Pool).  maka ketika Necrophos level 1 menggunakan skill tersebut :

MR = (0.9 + 0) x (1 + (54.5 x 0.02))

MR = 0.9 x 2.09
MR = 1.881


Ketika Necrophos level 25 (Int 84.5) memiliki item Aghanim's Scepter (10 Int) dan menggunakan Ghost Shroud, maka :

MR = (0.9 + 0) x (1 + (127 x 0.02))

MR = 0.9 x 3.54
MR = 3.186 (tanpa Death Pulse Mana Regen Stack, apalagi ditambah itu dan item Flat Mana Regen lainnya -,-)


Untuk hero lain, kamu bisa menghitung sendiri dan eksperimen di Demo Hero bagaimana kombinasi item dan skill untuk situasi tertentu dalam permainan. Dengan mengetahui Maksimalisasi Mana Regeneration, semoga kamu bisa lebih efektif dan efisien lagi dalam penggunaan item dan Mana kamu agar kamu tidak kalah dari hero musuh selane kamu. Selamat mencoba :D
Maksimalisasi Mana Regeneration, Amplification Atau Flat? Maksimalisasi Mana Regeneration, Amplification Atau Flat? Reviewed by Unknown on Desember 06, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.