Bahas Meta : Rikimaru Is Not Hiding Anymore

Halo semuanya

Kali ini saya akan membahas mengenai hero yang menjadi primadona kembali setelah di buff pada patch 7.12 yaitu Riki. Untuk player Riki boleh simak baik-baik :D.

Sumber : www.biggreenpepper.deviantart.com




Riki sudah lama sekali tidak masuk meta beberapa patch terakhir ini. Tetapi, Riki secara mengejutkan mendapat rework oleh Icefrog kepada Tricks of the Trade. Berubah dari hit lawan secara bersamaan dengan interval 1s, menjadi hit lawan secara acak dengan interval 0.5/0.45/0.4s. Pertanyaannya, apa perbedeaan yang mencolok dari perubahan skill tersebut?

Perbedaannya jelas ketika Riki 1vs1 dengan lawan. Tricks of the Trade dapat digunakan meskipun lawannya sendirian, atau paling tidak kita sebagai playernya menjadi tidak sayang untuk mengeluarkan ultinya. Untuk player tier bawah, banyak player Riki yang bergitu sayang untuk menggunakan ultinya padahal bila digunakan bisa punya kesempatan kill kearah lawan.

Trend Riki setelah patch 7.12 dapat dilihat pada grafik dibawah.

Atas, Winrate setelah patch 7.12
Bawah, Pickrate setelah patch 7.12

Dapat dilihat pada grafik diatas bahwa setelah patch 7.12, winrate dan pickrate dari Riki melesat naik. Hal ini akibat dari rework skill dari Riki itu sendiri. 

Untuk player tier bawah yang baru mengenyam Dota 2, Invisibility adalah sesuatu yang cukup sulit untuk diatasi. Mereka belum begitu paham mengenai mekanik dari Invis dan True Sight. Ataupun bisa jadi mereka sudah mengetahui mekanik tersebut tetapi terlalu boros untuk menggunakan sentry/dust/gem. Sehingga gold mereka terkuras dan permainan menjadi tidak efektif. Grafiknya dapat dilihat dibawah.

Winrate (hijau) dan Pickrate (kuning) Terhadap Tier Player
Dari setiap tier yang ada, Riki menempati lebih dari 25% pickrate dari seluruh hero minggu ini. Sedangkan winratenya lebih dari 50% dari pick yang ada. Hal ini merupakan trend positif untuk sebuah hero yang baru di rework. Menandakan bahwa rework yang dilakukan berhasil. Goodjob Icefrog.

Selain dari rework skill, Riki merupakan hero yang bisa dibilang counter dari meta saat ini yang meninggalkan greedy support mereka untuk farm item core mereka (untuk meta saat ini dapat dibaca disini). Biasanya, pattern menit 10 hingga 15 adalah mereka membiarkan greedy support farm sedangkan 4 hero yang lain membuat space. Bahkan carry dengan kapasitas farming seperti Terrorblade pun ikut membuat space. Disinilah Riki bekerja. Riki akan memberikan presence yang cukup untuk support yang farm. 

Meskipun Riki tetap mengalami kesulitan untuk kill hero yang cukup tanky seperti Slardar maupun Sand King, tetapi dengan dipicknya Riki membuat Sand King harus tetap waspada. Ketika ada wavecreep, Sand King akan berfikir 2 kali untuk clearwave creep tersebut karena bisa saja ada Riki dan hero lain yang bersembunyi. Bila memang Riki hanya sendirian, Sand King akan tetap phobia untuk maju terlalu jauh. Jangan sepelekan psycological issue :)

Tidak hanya presence untuk pickoff, presence pada saat teamfight pun mengerikan. Sebut saja hero yang setipe dengan Riki adalah Bounty Hunter. Bounty Hunter adalah salah satu hero yang dapat mendongkrak ekonomi sebuah team hanya dengan pickoff 1 hero dan Track. Harga dari hero tersebut menjadi lebih mahal dan gold mengalir deras. Tetapi itu hanya berjalan pada fase pickoff. Ketika teamfight akan berbeda.

Ketika teamfight, Bounty Hunter tidak bisa memberikan damage yang besar hanya dengan Shuriken Toss dan Jinada (kecuali build Dagon + Ethereal Blade, tapi tier atas jarang build item seperti ini). Bounty Hunter hanya bisa memberikan informasi melalui Track dan pickoff 1 hero yang out of position.

Berbeda dengan Riki yang bisa memberikan impact damage yang cukup ketika war. Bukan hanya damage, Silence dari Smokescreen pun bisa jadi penggangu untuk greedy support initiator seperti Sand King. Tricks of the Trade pun memberikan cukup damage tanpa khawatir tercounter. Karena hal tersebut, Riki lebih baik untuk kearah lategame bila dibandingkan dengan Bounty Hunter, bahkan pada posisi support sekalipun.

Skill build dari Riki bisa dilihat pada gambar dibawah

atas, Core skill build
bawah, Support skill build
Sepertinya semua setuju ketika kita menaikkan Cloak and Dagger terlebih dahulu. Level 2 boleh jadi ada yang menaikkan Smokescreen ataupun Blink Strike. Tetapi perbedaan terjadi ketika level 4. Menaikkan Smokescreen terlebih dahulu untuk posisi support adalah karena AoE dan Slow/Miss nya bertambah. Sedangkan support Riki tidak perlu muncul di map bila tidak dibutuhkan.

Posisi Riki Core menaikkan Cloak and Dagger. Kenapa tidak Blink Strike? Karena potensi DPS dari Cloak and Dagger lebih besar dibanding Blink Strike. Dan fade time juga lebih cepat. Jadi untuk 'hit n run' bisa sangat efektif. Jangan sekali-kali blink in masuk bila belum mendapatkan escape mekanism yang bagus.

Sisanya, terserah kalian. Talent dan item build bisa berubah sesuai adaptasi game.

Bila kalian berhadapan dengan Riki, pastikan dust/sentry selalu ada di inventory dan gem untuk lategame. Riki adalah greedy support. Bermain dengan cepat dan memiliki map control secepat mungkin adalah opsi terbaik menghadapi Riki. Stick lebih awal dan push untuk meraih map control. Jangan tinggalkan hero kalian sendirian untuk farm, salalu temani hero yang farm disekitarnya. Semakin cepat kalian stick, maka Riki bukanlah menjadi masalah.

Itulah beberapa bahasan mengenai Riki menurut pengalaman saya. Bila kalian ada tanggapan lain boleh isi kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa, Enhance Your Play By Research :D
Bahas Meta : Rikimaru Is Not Hiding Anymore Bahas Meta : Rikimaru Is Not Hiding Anymore Reviewed by Unknown on April 21, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.