Bahas Meta : Sand King, Hero Paling Reliable Di Patch 7.13

Halo Semua

Banyak yang bertanya kepada saya bahwa mengapa di beberapa match belakangan ini, pro player sering pick dan ban Sand King? Hmmm.. menarik untuk dibahas.

Sumber : imKB.deviantart.com

Sand King adalah hero yang serbaguna, bisa diposisi 3 maupun 4. Posisi 3 menjadi Offlane yang cukup kuat earlygame dengan Sandstorm dan Caustic Finale, belum lagi Burrowstrike yang bisa digunakan pada saat keadaan genting. Posisi 4 sebagai Support pun demikian. Bisa memberikan presence yang cukup menyeramkan ketika Sand King menghilang dari map.

Meskipun di patch 7.12 di nerf, tetapi menurut saya pribadi Sand King masih cukup kuat. Apalagi dengan kemampuannya untuk hybrid di beberapa posisi. Pickrate dari hero ini pun masih cukup tinggi dibandingkan dengan rata-rata seluruh hero yang ada.

Pickrate Sand King 30 Hari Terakhir

Terlihat pada grafik diatas bahwa pickrate Sand King masih diatas rata-rata seluruh hero yang ada yaitu 9.74% dari 8.70% hingga tanggal 21 April 2018. hal ini menunjukan betapa populernya Sand King di patch 7.13. Selain kuat, Sand King juga termasuk hero yang mudah untuk digunakan. Tidak perlu mirco skill kelas dewa ataupun lasthit yang presisi. Cukup dengan Caustic Finale yang bisa clearwave creep dengan cepat dan boom! Instant gold.

Dengan pickrate yang diatas rata-rata, winrate yang diraih pun cukup besar

Atas, Trend Winrate Berbanding Level
Bawah, Winrate
Gambar atas menunjukan bagaimana Sand King berpengaruh di lategame. Sedangkan gambar bawah menunjukan grafik winrate. Semakin tinggi level Sand King, maka kesempatan win semakin besar. Dan lihat bagaimana ketika Sand King memasuki patch 7.13 trend win langsung naik. Hal ini menunjukan Sand King masih menjadi pilihan yang baik untuk digunakan.

Hybrid

Meta sekarang memaksa team menggunakan hero yang bisa takedown objective dengan cepat. Hero seperti Gyrocopter, Tiny, Troll Warlord, dan bahkan Leshrac menjadi populer sebagai core karena kapasitasnya untuk takedown objective sangat cepat. Bahkan hero seperti Terrorblade yang idealnya digunakan sebagai core farm dipaksa untuk early push dengan Metamorph nya.

Terlebih lagi, bila kalian perhatikan para pro player jarang sekali defend tower apabila mereka bisa takedown objective lawannya. Apalagi tower tier 1. Mereka lebih mementingkan trade tower dibandingkan dengan menyelamatkan tower mereka sendiri. Dengan begitu, reliable gold akan mengalir ke dua belah pihak dan mereka tidak menyia-nyiakan waktu mereka untuk defend tower yang bisa jadi gagal dan turnback.

Hal ini berimbas kepada hero apa yang dipilih. Dengan takedown objective yang mengalirkan gold ke dua team, maka pilihan support greedy sangatlah cocok untuk playstyle semacam ini. Support mereka yang bertipe greedy tidak perlu banyak farming untuk mendapatkan core item mereka. Cukup push 4 man dengan meninggalkan greedy support mereka farm, lalu mendapatkan objective dan pundi-pundi gold mengarah banyak ke support greedy mereka. Ketika core item pada greedy support sudah didapatkan, maka mereka bisa pickoff lebih intens lagi dan secure lategame. Itulah mengapa Sand King sering dipakai di posisi 4 sebagai support.

Mengapa Sand King?

Bila kita runut lagi hero yang ada, sebenarnya banyak sekali hero hybrid yang dapat diposisikan sebagai posisi 4. Clockwerk, Slardar, Earthshaker, dsb. Tapi mengapa Sand King?

Jawabannya adalah bahwa Sand King memiliki Burrowstrike yang INSTANT CAST. Sehingga sebih sulit bagi lawan untuk mengaktifkan BKB dan membuka banyak peluang untuk combo/follow up damage.

Selain instant cast, Range dari Burrowstrike 650 range (aghs 1300) dan akan mengenai hero ketika hero tersebut berada di 350 rangewidth. Hampir dipastikan hero yang menjadi target akan terkena skillnya. Dengan tambahan Blink Dagger, maka inisiasi akan menjadi lebih mudah.

Dari skenario yang saya bayangkan, Sand King yang memiliki Blink Dagger akan berbeda hasilnya dengan Slardar/Earthshaker + Blink. Sand King bisa inisiasi menggunakan Burrowstrike lalu blink out. Sedangkan Slardar/Earthshaker membutuhkan setidaknya Force Staff untuk kabur dari situasi dimana inisiasi gagal dilakukan. Ingat bahwa Blink Dagger hanyalah item 1 way. tidak bisa digunakan 2 kali pada moment yang sama.

Epicenter

Epicenter pun menjadi skill yang sangat sangat sangat berguna di teamfight. Selain AoE damage, movement speed dan attack speed slow menjadi andalan ketika war berlangsung. Dan juga Pierce Spell Immunity. No match for BKB.

Itulah beberapa yang saya tangkap dari betapa populernya Sand King. Kalau ada yang ingin berkomentar boleh di kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa, Enhance Your Play By Research :D
Bahas Meta : Sand King, Hero Paling Reliable Di Patch 7.13 Bahas Meta : Sand King, Hero Paling Reliable Di Patch 7.13 Reviewed by Unknown on April 20, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.