Creeps, Mengefektifkan Sumber Daya Permainan

Creeps (atau banyak yang menyebut dengan 'kroco', 'tamtama', 'pasukan') adalah salah satu unit pada Dota 2 yang menjadi sumber daya penghasilan permainan. Creeps dimiliki oleh kedua sisi (Radiant dan Dire) dan berkembang menjadi sedikit lebih kuat seiring berjalannya permainan. Tetapi Creeps tidak bisa mendapatkan exp dan naik level seperti layaknya hero. Berkembangnya Creeps bernilai tetap (flat) dan diperuntukan agar keseimbangan permainan tetap terjaga.

Sumber : Google

Bagaimana Creeps menjadi salah satu sumber utama penghasilan dari hero? Mereka akan memberikan gold dan exp ketika dibunuh oleh hero. Berbicara mengenai Creeps, ada 2 jenis Creeps. Yaitu Lane Creeps dan Neutral Creeps.

1. Lane Creeps

Sumber : Google

Ketika waktu permainan menunjukan 00.00, dan kamu melihat ada unit yang bergerak dari base kamu menuju base musuh disetiap lane yang ada, itulah Lane Creeps. Lane Creeps bergerak sesuai dengan lane yang ada menuju base musuh tanpa rasa takut (karena mereka diprogram seperti itu).

Lane Creeps akan muncul setiap 30 detik sekali (sebut saja wave creep). Pada detik pertama permainan, muncul 2 tipe Lane Creeps, yaitu melee dan range. Untuk kelipatan 5 menit, akan muncul Siege Creep (atau gerobak, atau mobil, atau apapun sesuai sebutan kamu). Dan jumlahnya berkembang sesuai dengan waktu permainan.

Lane Creeps akan berubah menjadi Super Creep ketika team kamu berhasil menghancurkan barrack lawan. Dan akan berubah menjadi Mega Creep ketika team kamu berhasil menghancurkan seluruh barrack yang lawan miliki.

Berkembangnya wave creep untuk setiap permainan bisa dilihat dibawah ini :

- Pada wave ke 31 (15.00), Lane yang berada disamping bertambah 1 melee creep. Total creep saat itu menjadi 4 melee creep dan 1 range creep untuk setiap lane.
- Pada wave ke 61 (30:00), Setiap Lane akan bertambah 1 melee creep dan 1 siege creep. Total creep saat itu ada 5 melee creep, 1 range creep, dan 2 siege creep untuk setiap lane.
- Pada wave ke 81 (40:00),  Setiap Lane akan bertambah 1 range creep. Total creep saat itu ada 5 melee creep, 2 range creep, dan 2 siege creep untuk setiap lane.
- Pada wave ke 91 (45:00):  Setiap Lane akan bertambah 1 melee creep. Total creep saat itu ada 6 melee creep, 2 range creep, dan 2 siege creep untuk setiap lane.
- Setiap 10 wave sekali (5 menit sekali) akan muncul siege creep. Jumlah siege creep sesuai dengan aturan diatas.

Singkatnya, ketika permainan sudah mencapai menit ke 46, maka creep yang muncul adalah 6 melee creep dan 2 range creep. Untuk menit ke 50 (karena sudah bertambah 5 menit) creep yang muncul adalah 6 melee creep, 2 range creep, dan 2 siege creep untuk setiap lane.

Sudah disinggung bahwa Lane Creeps memberikan exp dan gold. Jumlah gold dan exp yang diberikan setiap creep adalah :

- Melee creeps : exp 57, gold 38-44
- Range creeps : exp 69, gold 54-60
- Siege creeps : exp 88, gold 66-80
- Super melee creeps : exp 25, gold 19-27
- Super range creeps : exp 22, gold 21- 29
- Mega melee creeps : exp 25, gold 19-27
- Mega range creeps : exp 22, gold 21- 29

Setiap 7 menit 30 detik sekali, Lane Creeps akan bertambah atribut seperti damage, HP, dan gold bonus.

- Melee creeps : +12 HP, +1 damage, +1 gold
- Super melee creeps : +19 HP, +2 damage, +1 gold 
- Ranged creeps : +12 HP, +2  damage, +1 gold 
- Super ranged creeps : +18 HP, +3  damage, +1 gold 
- Siege creeps : No bonus
- Mega creeps : No bonus

2. Neutral Creeps

Sumber : Google

Neutral Creeps adalah penghuni hutan dalam Dota 2. Ada banyak jenis Neutral Creeps dari yang lemah hingga Roshan (Roshan termasuk Neutral, walaupun kuat banget -,-). Tidak seperti Lane Creeps, mereka tidak memihak siapapun dalam permainan. Kecuali mereka terkena skill Chen atau Enchantress.

Pemanfaatan Neutral Creeps sangat beragam. Seperti yang sudah disebutkan, Chen dan Enchantress adalah contoh dari hero yang bisa memanfaatkan Neutral Creeps dengan baik. Selain itu, Neutral Creeps juga bisa dibunuh dengan leluasa oleh siapapun untuk mendapatkan gold dan exp.

Sama seperti halnya Lane Creeps, Neutral Creeps juga berkembang sesuai dengan waktu permainan. Untuk setiap 7 menit 30 detik, exp dan gold Neutral akan bertambah sebesar 2%.

Ada 5 tipe Neutral Creeps, yaitu Small Camp, Medium Camp, Large Camp, Ancient Camp, dan Roshan. Masing-masing camp akan dihuni oleh Neutral Creeps sesuai dengan kemampuannya. Untuk skill dan kegunaannya akan sesuai dengan pengalaman player. Jadi tidak perlu repot-repot control creep hutan. Cukup bunuh untuk gold dan exp yang simple.
Creeps, Mengefektifkan Sumber Daya Permainan Creeps, Mengefektifkan Sumber Daya Permainan Reviewed by Unknown on Desember 04, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.