Gold Management, Mata Uang Permainan Pengatur Net Worth

Setiap player Dota 2 akan mati-matian mencari mata uang yang satu ini selama permainan. Karena imbasnya, ketika benda ini mereka miliki dengan cukup banyak, kalian bisa membeli item dengan sebebas-bebasnya dan bisa memenangkan pertandingan dengan sangat mudah.

Sumber : D2am.com

Benda itu adalah Gold. Gold disini bukanlah emas seperti yang kita kenal, melainkan adalah mata uang permainan Dota 2. Kegunaan dari Gold ini adalah untuk membeli item ataupun revive hero kamu secara instant.

Gold bisa didapatkan dengan cara kill hero, assist hero, farming (membunuh creep secara efisien), atau juga dari building seperti tower dan shrine.

Banyak yang belum mengetahui seluk beluk mengenai Gold secara detail, untuk itu mari kita bahas satu persatu.

1. Reliable Gold & Unreliable Gold

Sumber : D2am.com

Gold yang dimiliki setiap player sesungguhnya terbagi menjadi 2, yaitu Reliable Gold dan Unreliable Gold. Lalu letak perbedaanya dimana?

Singkatnya Reliable Gold adalah Gold yang tidak akan hilang meskipun kamu mati dalam permainan. Sedangkan Unreliable Gold adalah Gold yang akan hilang ketika kamu mati.

Cara mendapatkan Reliable Gold dan Unreliable Gold pun berbeda. Reliable Gold didapat dari kill hero, Roshan, courier, Hand of Midas, gold dari Track Bounty Hunter, dan global gold dari tower. Untuk Unreliable Gold, didapat dari creep, neutral, bounty rune, starting gold, periodic gold (gold per detik) dan sisanya selain sumber dari Reliable Gold.

Pertanyaan dasarnya adalah, untuk apa Icefrog membuat Gold menjadi 2 seperti ini? Jawabannya adalah agar player lebih memikirkan bagaimana mendapatkan uang selain dari passive farming. Contohnya seperti ketika kamu menggunakan Phantom Assassin dan farming sepanjang permainan tanpa push dan kill, sedangkan kamu mati setiap 2 menit, maka kamu sebenarnya melakukan hal yang sia-sia karena Gold yang kamu dapat akan hilang lagi karena Gold farming adalah Unreliable Gold.

Perbedaan lainnya terletak pada penggunaan kedua Gold tersebut. 

- Ketika kamu mati dalam permainan, maka Gold yang hilang hanya dari Unreliable Gold.
- Ketika kamu membeli item, maka akan menggunakan Unreliable Gold dulu, baru sisanya menggunakan Reliable Gold
- Buyback hanya menggunakan Reliable Gold

Bingung? Coba lihat contoh berikut :

Kamu menggunakan Phantom Assassin, Gold tercatat 2000, 1500 Reliable, 500 Unreliable. Bila saat itu kamu membeli Ring of Health seharga 850, maka kamu akan menggunakan 500 Unreliable dan 350 Reliable (total 850 Gold). Sisa Gold 1150 Reliable, 0 Unreliable. Bila saat itu kamu mati, maka sisa Gold kamu tidak akan hilang, karena Gold kamu hanya sisa Reliable Gold (meskipun musuh mendapatkan Gold, tapi Gold kamu tidak hilang). Ternyata kamu ingin Buyback dengan harga 1000 Gold, maka Gold kamu sekarang sisa 150 Reliable karena sudah terpakai 1000 Gold untuk Buyback (Buyback hanya menggunakan Reliable Gold).

2. Sumber Pendapatan Gold

Sumber : Google

Gold pertama dalam permainan disebut dengan Starting Gold berjumlah 625 (bonus Enchanted Mango bila pick bonus hero, dan Ironwood Branch bila random). Selain itu ada juga Periodic Gold dengan 1 Gold/0.66 detik (total ~91 Gold/menit, tidak ada alasan Support tidak punya Gold untuk beli Ward hehe). Ada juga Bounty Rune yang memberikan 50 Unreliable Gold (untuk Bounty Rune pertama bernilai 100 Gold). Bounty Rune akan bertambah nilainya sesuai dengan lamanya permainan. Bounty akan bertambah nilainya sebesar 2 Gold/menit.

Untuk hero tertentu, Gold juga bisa didapatkan sesuai dengan skill dan item yang mereka beli, Contoh :

Sumber : Google

- Devour Doom, sumber creep = Unreliable Gold
- Greevil's Greed Alchemist, sumber creep = Unreliable Gold
- Track Bounty Hunter, sumber hero = Reliable Gold
- Hand of Midas, sumber creep tetapi Reliable Gold (pengecualian)

Setiap hero membunuh hero lainnya, akan memberikan Reliable Gold mengikuti rumus berikut :

110 + SV + (level hero yang dibunuh x 8)

SV (Streak Value) adalah nilai yang didapat ketika kita membunuh hero yang sudah streak. Nilainya 60 terhitung sejak Killing Spree. Contoh :

Phantom Assassin kamu membunuh Lycan level 15 yang memiliki Dominating, maka :
110 + (Dominating Value) + (15 x 8) = .... Reliable Gold
110 + 120 + 120 = 350 Reliable Gold

First Blood mendapatkan bonus 150 Reliable Gold

Untuk hero-hero support, mendapatkan Gold biasanya dari assist hero. Gold yang kamu dapat dari assist hero pun terhitung sebagai Reliable Gold, maka Gold assist kamu tidak akan hilang meskipun kamu mati saat clash. Asalkan kamu sudah assist sebelum kamu mati.

3. Buyback

Sumber : Google

Buyback adalah sesuatu yang perlu diperhatikan, karena hal ini yang bisa dijadikan momentum untuk comeback dari sebuah permainan.

Ketika hero kamu mati, maka kamu bisa memilih opsi untuk Buyback. Buyback adalah menghidupkan kembali hero kamu dengan bayaran Reliable Gold. Tidak setiap mati kamu bisa Buyback, perlu cooldown 480 detik untuk setiap Buyback.

Buyback memiliki biaya hanya menggunakan Reliable Gold. Harga dari Buyback beragam sesuai dengan rumus :

100 + (hero level x hero level x 1.5) + (game time dalam detik x 0.25)

Contoh :

Phantom Assassin level 15 kamu mati di menit ke 38.00 (2280 detik), maka
100 + (15 x 15 x 1.5) + (2280 x 0.25) = ~1007.5 Reliable Gold
meskipun kamu memiliki Gold 2000 tetapi Reliable Gold kamu tidak lebih dari 1007.5, maka kamu tidak akan bisa Buyback.

Selain itu, Buyback juga menjadi momok yang krusial karena 25% sisa respawn time kamu akan ditambahkan ke respawn time mati selanjutnya. Dan pendapatan kamu akan hilang 40% ketika selama sisa respawn time kamu ketika kamu Buyback.

Demikian penjelasan mengenai seluk beluk Gold. Semoga bisa menjadi bahan pertimbangan buat kamu semua agar lebih bijak dalam bermain terutama bila kamu adalah seorang Carry.
Gold Management, Mata Uang Permainan Pengatur Net Worth Gold Management, Mata Uang Permainan Pengatur Net Worth Reviewed by Unknown on Desember 05, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.