Official Roles, Bagaimana Kamu Bertindak Dalam Permainan

Roles, sebuah kata yang tidak asing bagi pada pemain Dota 2. Roles adalah sebuah jabatan yang dimiliki seorang hero. Roles memiliki fungsi tertentu dalam sebuah permainan. Roles ditentukan dari bagaimana atribut hero, skill, dan item yang dia buat. Jadi tidak menutup kemungkinan hero tersebut keluar dari Role yang biasa dia emban.

Sumber : Google

Dalam permainan, ada Roles yang sudah ditentukan langsung oleh Dota 2, sebut saja Official Roles. Dota 2 mengklasifikasi hero yang ada kedalam 9 Roles. Klasifikasi ini ditentukan dari statistik atribut hero tersebut, kemampuan hero tersebut di early, atau kemampuan dia dalam menghabisi neutral creep.

Seorang hero tidak hanya memiliki Official Roles. Bisa saja hero tersebut memiliki lebih dari 1 Roles. Berikut 9 Official Roles versi Dota 2.

1. Carry

Sumber : Google

Carry
adalah sebuah Role yang diidam-idamkan hampir seluruh player. Bahkan sampai berebut ketika all pick yang ujung-ujungnya malah merugikan team karena ingin menunjukan bahwa Carry dia lebih baik dari orang lain. Sebenarnya, Carry adalah bukan seperti yang kalian fikir.

Carry adalah Role dimana hero tersebut membutuhkan potensi gold lebih banyak pada sebuah team. Carry berasal dari kata 'Carried' yang maksudnya adalah pembawa permainan menuju late game. Jadi istilah Carry adalah yang menghabisi team musuh adalah istilah yang kurang tepat.

Progress Carry tergantung dari bagaimana dia membuat item. Tentu saja item yang dibutuhkan akan berpengaruh pada gold yang dia butuhkan. Contoh :

- Terrorblade build Manta -
- Juggernaut build Butterfly -
- Mirana build Diffusal Blade -

Dari segi skill, seorang hero Carry memiliki skill yang sangat bergantung pada bagaimana sebuah team bekerja. Ketika sebuah team membutuhkan lebih banyak magical damage, maka Necrophos atau Lina build Maelstrom menjadi opsi yang tepat.

Carry akan sangat berkuasa di late game, tetapi mereka akan sangat rapuh di early game. Luna level 3 akan sangat mudah di gank ketika team musuh memiliki Earth Spirit. Oleh karena itu, sebuah team (draft pick captain) harus dengan bijak memikirkan Carry apa yang cocok untuk sebuah team. Carry yang rapuh biasanya akan ditemani oleh seorang Support yang defensif.

Carry memiliki skill yang akan semakin berpengaruh ketika mereka memiliki item lebih. Splash contohnya, contoh lain misalnya :

- Juggernaut dengan Critical : semakin besar damage, critical semakin sakit
- Luna dengan Glaives : pantulan glaives semakin sakit ketika item berkembang
- Necrophos dengan Aghanim : reduce cooldown aghanim memiliki impact yang besar untuk regenerasi ketika hero musuh mati

Carry tidak melulu dilihat dari physical damage yang dia punya atau critical yang sakit. Bisa saja DPS dari Bristleback membawa team kalian (Carry your team) menuju kemenangan karena team musuh tidak bisa menghandle Bristleback.


2. Disabler

Sumber : Google

Stun, Silence, Slow, Muted, adalah contoh dari Disable. Hero yang memiliki skill tersebut disebut dengan Disabler. Fungsi dari Disabler sudah sangat jelas, melumpuhkan musuh untuk team sehingga team bisa mendapatkan advantage lebih dalam sebuah gank atau clash.

Disabler biasanya dimiliki oleh hero Support, karena skill mereka tidak akan berpengaruh dengan item. Tetapi tidak sedikit hero Carry yang memiliki Disable skill, contohnya :

- Sven dengan Stormbolt (stun)
- Visave dengan Grave Chill (slow)
- Void dengan Chronosphere (ya... diem aja gitu... -,-)

3. Initiator

Sumber : Google

Initiator adalah sebuah Role yang berguna untuk membuka teamfight atau clash. Dengan skill inisiasi mereka, team akan mendapatkan advantage lebih sehingga membuat team lawan tidak dapat berkutik dan lenyap ketika follow up damage masuk.

Untuk early game, mungkin skill inisiasi mereka belum terbuka, tetapi ketika late game, hero-hero tersebut akan menjadi sangat krusial untuk mengawali sebuah clash.

Biasanya skill inisiasi memiliki cooldown yang cukup besar sehingga ketika salah dalam menginisiasi, maka perlu menunggu cukup lama untuk memulai lagi pertandingan. Cerita buruknya, kalah dalam sebuah permainan karena musuh mengetahui skill tersebut sedang cooldown.

Contoh hero dengan skill Initiator:

- Magnus dengan Reverse Polarity
- Sand King dengan Burrowstrike
- Tidehunter dengan Ravage

Terlihat sebuah Role Initiator tergolong kedalam atribut strenght. Tetapi tidak melulu seperti itu, contoh lain seperti Vengeful dengan Swap, dan Silencer dengan Global Silence bisa juga disebut sebagai Initiator.

4. Jungler

Sumber : Google

Hero dengan kemampuan menghabisi neutral creep dengan efisien. Biasanya hero-hero Jungler memiliki advantage seperti lifesteal atau multi unit control. Jungler tidak akan keluar sebelum item core mereka dapatkan.

Tidak banyak hero Jungler, tetapi bisa disebutkan Lifestealer, Legion Commander (meskipun saya kurang setuju, tapi dia punya lifesteal), Enchantress, Natures Prophet, Enigma, dll

5. Support

Sumber : Google

Role yang sangat dihindari beberapa player karena mereka tidak tahu sebenarnya bagaimana sebuah team bekerja. Support adalah Role yang sangat berpengaruh di early game. Support dapat melakukan gank dan harras di early game demi Carry last hit creep atau bahkan bisa sampai menuju kill hero musuh.

Support juga menjaga team agar tetap hidup pada saat clash. Skill heal yang dimiliki oleh Support sangat membantu kapanpun team membutuhkan. Support tidak perlu fokus pada gold dan exp. Dengan membuat team tetap hidup, sudah cukup baik bagi Support dalam melakukan pekerjaannya.

6. Durable

Sumber : Google

Durable, atau biasa disebut dengan Tank, adalah Role dimana dia fokus dalam menerima damage dari musuh. Durable hero memiliki HP yang cukup besar, HP regeneration yang besar, Armor, Magical Armor, dan advantage lainnya bahkan dari early game.

Tidak hanya menerima damage dari luar, bahkan seorang Tank bisa memberi output damage yang besar juga, Contoh DPS Tank :

- Undying dengan semua skillnya yang AOE
- Bristleback dengan Quill Spray
- Axe dengan Call + Counter Helix

7. Nuker

Sumber : Google

Damage masuk langsung besar? ini adalah pekerjaan yang mudah bagi Nuker. Nuker adalah Roles yang cukup populer karena kemampuan instant damagenya yang bisa langsung membuat musuh mati dalam sekejap

Nuker bukan hanya untuk hero, untuk building pun termasuk kedalamnya. Contoh :

- Lina dengan Laguna Blade
- Underlord dengan Talent 25 Firestorm through building
- Riki dengan Trick of the Trade, instant massive physical damage

8. Escape

Sumber : Google

Escape adalah Role untuk hero yang bisa dengan mudah kabur dari sebuah gank atau clash. Entah itu increase movement speed, immune, blink, teleportation, invisibility, dan lain lain.

Hero hero semacam itu sangat cocok digunakan sebagai pengalih perhatian atau untuk membuat space disisi lain dari sebuah lane. Contohnya Puck yang bisa dengan segera memotong wave creep di sisi lain agar push dari musuh tidak berjalan dengan baik. Dan tentu saja bisa kabur dengan cepat bila hero musuh ingin menangkap Puck.

9. Pusher

Sumber : Google

Pusher adalah Role yang sangat jarang dimainkan karena mungkin permainan akan sedikit monoton dan tidak seru. Pusher adalah Role yang dilengkapi dengan multi control unit untuk membantu push tower sehingga permainan bisa berakhir lebih cepat tanpa harus membunuh hero musuh terlebih dahulu.

Contoh : 
- Nature Propher dengan Nature's Call
- Chen dengan Holy Persuation
- Enchantress dengan Enchant
Official Roles, Bagaimana Kamu Bertindak Dalam Permainan Official Roles, Bagaimana Kamu Bertindak Dalam Permainan Reviewed by Unknown on Desember 02, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.