Vision dan Fog Of War, Elemen Penting Dalam Permainan

Halo Semua!!

Setelah saya membahas mengenai Status Resistance kemarin, banyak email yang masuk dan meminta saya untuk membahas Vision. Untuk itu, kali ini saya akan membahas mengenai Vision dan Fog of War (FoW/Fog).

Sumber : Google.com

Vision adalah sebuah mekanik dari Dota 2 (atau game MOBA lainnya) yang menjelaskan bagaimana seorang player melihat wilayah permainannya. Wilayah permainannya itu sendiri ada yang dapat dilihat dan tidak. Maksud dari 'dapat dilihat' disini adalah sisi terang dari map. Sedangkan 'tidak dapat dilihat' disini adalah sisi gelap dari map.

Fog of War adalah sisi gelap dari map. Seperti seolah ada sesuatu yang menghalangi kalian untuk melihat situasi di titik tersebut. Vision dan FoW berbeda untuk setiap player/team. Vision dapat diraih dengan memasang Observer Ward disekitar atau di highground. Tidak hanya Observer Ward, Vision juga bisa didapat dengan beberapa Skill seperti :

- Rocket Flare - Clockwerk
- Sticky Napalm - Batrider
- Ice Vortex - AA
- Kinetic Field - Disruptor
- Crystal Nova - Crystal Maiden
dan lain sebagainya

Pada dasarnya, semua area diluar unit milik sendiri dan team adalah FoW. Semua unit dibalik FoW tidak dapat dilihat atau ditarget skill (kecuali Target Ground). Bila ada unit musuh yang menyerang kalian dari FoW, maka disekitar musuh akan terbentuk Vision sebesar 100 unit selama 2 detik. Bila kalian ingin counter, tetapi Vision lawan terlanjur hilang, untuk Skill Unit Target akan berhenti dengan sendirinya meskipun Cast Animation sedang berlangsung.

Selain Vision dan FoW, hal yang perlu diperhatikan adalah highgound. Unit yang berada di highground dapat melihat unit yang berada di lowerground. Highground dan lowerground istilahnya seperti 'tebing'. Seseorang yang dibawah tebing tidak dapat melihat siapapun yang berada diatas tebing.

Vision dan FoW Highgound

Pohon juga menhalangi Vision. Biasanya para pro player menggunakan mekanik ini untuk kabur disela-sela pepohonan atau biasa disebut dengan juking.

Vision dan FoW Pohon
Perbedaan siang dan malam dalam game juga berpengaruh terhadap Vision player. Untuk siang hari, Vision standard untuk hero adalah 1800 unit. Untuk malam hari, Vision standard untuk hero adalah 800 unit. Tetapi ada beberapa hero yang berbeda dari standard 1800/800 tersebut, yaitu :

- Batrider 1200/800
- Bounty Hunter 1800/1000
- Night Stalker 800/1800
- Sniper 1800/1100
- Slark 1800/1800

Selain 5 hero diatas, ada juga hero yang memiliki Skill dan Talent untuk merubah Vision mereka, seperti :

- Lunar Blessing milik Luna
- Shapeshift milik Lycan
- Arctic Burn milik Winter Wyvern + Talent 
- Slardar Talent level 20 +1000 Night Vision
- Spirit Breaker Talent level 10 + 400 Night Vision

Mengapa Vision begitu penting sampai dibuat mekaniknya oleh Icefrog? Karena sesuai dengan pengalaman kompetitif Dota 2, permainan dan playstyle dari setiap team berkembang. Mereka mencari draft team yang sesuai dengan meta sekarang ataupun sesuai dengan cara main player itu sendiri. Vision gaming menjadi salah satu playstyle yang berkembang di kompetitif Dota 2.

Sepenting itukah Vision? Tentu saja penting. Bagaimana bisa kalian tahu posisi lawan kalian di FoW tanpa adanya Vision disana? Ketika kalian dipickoff oleh lawan, lihat dulu apakah kalian out of posisition atau memang murni pickoff yang terencana? Bisa saja kalian mati karena posisi kalian terlalu depan tanpa adanya Observer Ward disana dan kalian tidak lihat minimap. Atau bisa saja lawan menggunakan Smoke of Deceit sehingga adanya Observer Ward disana menjadi seolah tidak berguna.

Bagaimana pentingnya Vision akan berpengaruh terhadap bagaimana team kalian dapat kontrol map. Lawan ingin pickoff? Lawan bait? Lawan masuk roshpit? Semua dapat diantisipasi ketika pergerakan lawan dapat terlihat.

Itulah ulasan saya mengenai Vision dan Fog of War. Bila ada yang ingin request boleh tulis di kolom komentar dibawah. Dan jangan lupa, Enhance Your Play By Research :D
Vision dan Fog Of War, Elemen Penting Dalam Permainan Vision dan Fog Of War, Elemen Penting Dalam Permainan Reviewed by Unknown on April 18, 2018 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.